Friday, April 18, 2014

Psikolinguistik


Kegiatan berbahasa tidak hanya berlangsung secara "mekanistik", tapi juga berlangsung secara "mentalistik". Yang berarti kegiatan berbahasa berkaitan dengan proses atau kegiatan mental (otak). Maka Psikolinguistik adalah studi gabungan antar disiplin ilmu, Psikologi dan Lingusitik.

Psikologi lazim di artikan sebagai satu bidang ilmu yang mencoba mempelajari perilaku manusia. Sementara Linguistik ilmu yang mengkaji bahasa atau bahasa sebagai objek kajiannya. Pakar linguisitik di sebut linguis. Dalam bahasa inggris linguis juga berati mahir menggunakan beberapa bahasa. Linguis biasanya mempelajari beberapa bahasa bukan untuk mahir dalam menggunakannya melainkan mengetahui struktur bahasanya secara mendalam. Namun seseorang yang mahir menggunakan beberapa bahasa belum tentu seorang linguis karena tidak mendalami teori bahasa.

Psikolinguisitik, gabungan dua ilmu yang berbeda yang sama-sama meneliti bahasa sebagai objek formalnya, hanya objek materialnya saja yang berbeda. Psikolinguistik mencoba menguraikan proses-proses psikologi yang berlangsung jika seseorang mengucapkan kalimat-kalimat pada waktu berkomunikasi. Secara teoritis, tujuanutama psikolinguistik adalah mencari suatu teori bahasa yang secara lingusitik dapat di terima dan secara psikologi dapat menerangkan hakikat bahasa dan pemerolehannya.





Dari buku:

Psikolinguistik: Kajian Teoritik
Abdul Chaer

penerbit:

Rineka Cipta

No comments:

Post a Comment